Senin, 19 Maret 2018

Ini Dia Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Keberangkatan Perdana Kamu Ke Korea! (Part II)


  Bonjour!

Jumpa kembali! Setelah sebelumnya Saya sudah ngebahas 5 hal apa saja yang harus disiapkan sebelum traveling perdana kamu ke Korea (penasaran? Klik disini!), nah sekarang saatnya membahas 5 hal lagi yang harus kamu lakukan sebelum #mencarioppa ke Korea. 

Oh iya sebelumnya Saya mau menekankan ya, artikel ini tidak mutlak harus kalian lakukan sebelum pergi ke Korea, kalau kalian rasa ada hal yang tidak perlu kalian persiapkan itu tidak menjadi masalah. Ambil yang sekiranya berguna untuk kamu ya ^^
  
6. Aplikasi yang harus ada di handphone kamu
Engga bisa dipungkiri kalau smartphone dan aplikasi pasti akan membantu banget kalau kita sedang traveling. Entah itu cari restoran, subway, sampai alamat guest house. Hanya ada tiga aplikasi yang sering banget saya gunakan selama di Korea. Apa aja sih? Ini dia!

a. Subway Korea

Subway Korea
Ini sumpah! Engga lebay! Berguna banget selama disana untuk tahu kamu jadwal kereta, naik kereta yang mana dan harus transit dimana. Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa dipake off line alias tanpa internet braayy! 

b. Visit Korea: Official Guide

Visit Korea

 Melalui aplikasi ini kamu akan mengetahui berbagai info wisata di Korea. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam sampe shopping paradise pluuss dijelasin gimana caranya kesana.   

c. Google Maps

Rasanya engga perlu lagi dijelasin fungsi dari aplikasi ini. Udah pada pinter kan ya :P

7. Makanan penyelamat di kala (keuangan) sekarat dan Obat pribadi
Rendang, tempe kering, kering kentang, abon, apapun makanan favorite kamu! Terkadang saat baru tiba di suatu tempat asing yang bahkan kita engga tau makanannya, bekal lauk yang kamu bawa dari rumah selalu bisa menyelamatkan dikala lapar yang melanda. Buat Saya yang agak picky eater (apalagi sama makanan asing) pasti bakalan tersiksa banget, jadi saya pasti bawa beberapa lauk dari rumah yang bisa dijadiin teman makan (walaupun makannya sendirian). Tapi engga usah banyak terlalu banyak ya, nanti kamu malah engga sempat cobain jajanan lokal sana, kan sedih T^T

Hal yang satu ini banyak banget yang menganggap remeh, obat pribadi. Yap! Karena betapa susahnya cari obat masuk angin macam tolak angin atau obat maag macam Promaag. Jadi selalu sedia obat pribadi kamu ya sebelum pergi traveling kemana pun.

8. Mental, stamina, dan semangat yang kuat
Karena yang pasti kamu bakalan bertemu dengan subway dan metro yang jauuhh banget kalau transit, apalagi di stasiun Hongdae. Rasanya mau copot shay itu kaki. Jangan buat kamu yang jarang banget jalan mendingan kamu exercise dulu sebelum berangkat. Tapi jangan satu hari sebelum berangkat kamu baru exercise, takutnya kamu malah tepar nanti.

9. Asuransi
Untuk yang satu ini memang terkadang engga jadi prioritas para traveller.Kita engga pernah tahu kapan musibah akan menghampiri kita. Entah itu tetiba sakit, kena delay berjam-jam, kecopetan di jalan, atau bagasi yang hilang entah kemana. Nah, dengan kamu membeli asuransi seengganya kamu bakalan punya dana yang bisa nge-back up kebutuhan mendadak kamu. Misal, tetiba sakit mata di Korea nah kamu bisa banget tuh ke dokter sana terus nanti uang yang kamu keluarkan selama berobat di Korea bisa kamu claim di asuransi jadi uang kamu balik lagi deh. Setiap asuransi itu punya kebijakan masing-masing ya, jadi cermati dulu sebelum membeli asuransi.

10. Doa dari orang tua
Ini yang terpenting sobat. Selalu minta doa dan restu dari orang tua, supaya perjalanan kamu dimudahkan. Engga ada salahnya juga sesekali nelepon atau kirim WA ke orang tua buat kabarin gimana disana.  #mendadakbijak

Begitulah kira-kira persiapan yang saya lakukan sebelum ke Korea. Mungkin agak perlebayan sih sampai bawa rendang segala hehhee.  Sekian share kali ini. Semoga berfaedah ya. Kalau Saya engga bisa banget ketinggalan Tolak Angin kemana pun pergi, kalau kalian apa sih engga boleh banget ketinggalan kalau lagi traveling? Komen dibawah ya ^^


2 komentar:

  1. Assalamualaikum Kak..saya juga pernah kerja, KTP juga masih tertera karyawan swasta tapi SPT udah ga keurus lagi sejak lama..(TT) ini saya diminta nemeni ortu ke Korea.
    Mendadak pula..

    Gimana kak..
    Mohon bantuannya untuk surat keterangan spt itu..
    Terima kasih sebelumnya

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Hi! Maaf banget ya baru balas komen kamu. Semoga masih bisa bantu.

      Kalo menurut aku kamu pakai surat sponsor juga, yang jadi sponsor itu orang tua kamu. Tulis alamat email kamu saja ya :)

      Hapus