Rabu, 14 Maret 2018

Ini Dia Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Perjalanan Perdana Kamu Ke Korea!


Siapa sih yang engga akan deg-degan sekaligus excited buat yang pertama kali traveling ke Korea? Pasti maunya semua persiapan lancar jaya kan? Tapi kadang kita udah bikin list stuffs-to-bring eh ada aja yang ketinggalan. Dibawah ini Saya tulis hal yang harus kamu persiapkan untuk yang perdana ke Korea. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saja sih, jadi tinggal kamu mix and match sesuai dengan kebutuhan kamu saja ya ^^

ps: Tulisan ini bakalan panjang banget jadinya akan ada part I dan part II.

1. Paspor beserta visa Korea yang valid

Visa Korea
 Paspor itu diibaratkan sebagai nyawa kamu selama di luar negeri. Jangan sampai deh kehilangan paspor pas kamu lagi asik-asik main di luar negeri. Karena akan rumit ngurusinnya. Buat yang tanya gimana urus paspor yang hilang selama kita bepergian, plis jangan tanya aku ya, karena alhamduillah aku belum pernah (dan jangan sampai 😓)

Minimal masa berlaku paspor adalah enam bulan dari masa expired. Banyak sih yang cerita kalau masa berlaku paspor dia sisa 4 bulan dan ternyata dia masih bisa terbang, duh mendingan jangan coba-coba deh.

Untuk visa Korea dan cara pengajuannya kamu bisa klik disini aja. Aku dapat banyak banget info dari situ loh! (#promosi)

2. Booking hotel/hostel/guesthouse yang sesuai dengan budget kamu

Tempat penginapan di Korea khususnya Seoul itu banyak banget variannya. Mulai dari yang harganya 100rb permalam sampai berjuta-juta permalam, itu semua tergantung selera kamu. Situs yang bisa kamu gunakan untuk memesan penginapan banyak banget bertebaran di internet, ada; booking.com, agoda, traveloka, Airbnb, dan teman-temannya. Kamu juga bisa pilih pembatalan gratis kalau misal suatu saat mau engga jadi nginep di hostel yang udah kamu pesan. 

Oh iya setelah pemesanan penginapan kamu disetujui, jangan lupa kamu print out ya bukti pemesannya. Kenapa? Karena bisa saja kalau petugas imigrasi lagi rese, mereka suka tanyain bukti penginapan kamu selama di Korea. Nah kalau dapet “sambutan” kek gitu kamu bisa langsung tunjukin bukti pesan penginapan kamu.


3. Itinerary yang bisa bikin misi #mencarioppa kamu bisa lebih maksimal

Soal itinerary ini sebenarnya engga harus semua orang punya. Bisa saja memang dia anaknya spontan, jadi pas sampai sana baru nyusun mau kemana saja. Nah, kalo saya tipikal orang yang cuma bikin list tempat yang mau dikunjungi setelah sampai di tujuan baru deh nyusun mau kemana saja di hari apa. Untuk contoh itinerary, kamu bisa blog walking dan juga tanya di forum traveling yang sekarang udah banyak banget ada di Facebook. 

Heemmm…. Saya perlu share itin selama di Korea gak ya? Komen di bawah ya ^^ (Ih gaya kali, macam yutuber aja kau!)

4. Stok baju yang sesuai dengan musim

Jangan sampai salah kostum! Kalian pasti udah tau dong kalau Korea itu punya 4 musim. Engga kek di Indonesia yang Cuma punya musim hujan dan musim kering (yang kadang serng basah juga). Jadi pastikan kamu selalu melihat Accuweather dan juga Google untuk tau gimana kondisi disana. Engga ada salahnya juga untuk tanya-tanya ket teman yang sedang ada disana atau tanya ke grup traveling yang sekarang udah mulai banyak bertebaran di Facebook.

5. Money Money Money

Korea itu menggunakan Won sebagai alat pembayaran sah mereka, tapi kamu jangan kaget kalau masyarakat Korea disana sudah mulai meninggalkan uang konvensional atau uang tunai. Hampir 80% penduduk Korea selalu menggunakan kartu kredit disetiap transaksi yang mereka lakukan, bahkan di warung pinggir jalan aja ada mesin EDC dong ya hahaa. 

Won Korea cr: Google
 Lebih baik sebelum berangkat ke Korea, kamu sudah menukarkan uang Rupiah ke Won Korea sesuai dengan kebutuhan kamu disana. Soalnya kalau kamu tukar Rupiah disana pasti harga tukarnya jadi jatuh banget Untuk jaga-jaga kamu bisa menukarkan Rupiah kamu ke US Dollar. Jadi, kalau uang kamu habis disana kamu bisa tukar US Dollar ke money changer yang banyak beredar di sekitar Meyongdong.

Duuhh, sibuk banget nih sampe engga sempet tukar uang ke Won. Gimana dong? Eiitss, jangan sedih sobat! Kamu tinggal bawa aja kartu ATM kamu yang memiliki logo Visa atau Mastercard, nah nanti kamu tinggal Tarik tunai deh di ATM yang ada logo Visa atau Mastercard. Tapi tetap ada fee dari bank ya. Sekali penarikan rata-rata ada biaya RP 25.000. Tapi itu tergantung kebijakan bank masing-masing.



Selesai deh part pertama dari hal yang harus kamu persiapkan sebelum ngebolang pertama kali ke Korea. List diatas bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri ya.

Kalo kamu kira-kira apa aja yang kamu persiapkan untuk perjalanan perdana kamu ke Korea. Leave your comment bellow, ya 😀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar