Kamis, 18 Oktober 2018

4 Rekomendasi Hostel ala Backpacker di Korea Selatan


 Hotel, hostel, tempat menginap, atau apalah kamu menyebutnya, tentu engga bisa dipisahkan dari unsur terpenting dalam suatu perjalanan. Biasanya standard orang tentang penginapan itu berbeda-beda. Ada yang engga bisa kalau kamar mandinya barengan, ada yang engga apa jauh dari hatle atau stasiun yang penting murah. Agak ribet memang. Kalian gitu juga gak sih? Kalian suka ribet gak sih kalau cari penginapan buat liburan? Kalo gue sih lumayan ribet.

Ada beberapa aspek yang gue pertimbangkan kalau nginep, biasanya sih seberapa jauh jarak dari hostel ke halte atau stasiun terdekat. Nah, sekarang gue mau nge-share beberapa penginapan yang pernah gue "icipin" selama trip gue ke Korea. 

Sebenarnya sih trip-nya ini udah setahun lalu, namun dikarenakan beberapa halangan jadi deh baru sekarang bisa gue upload. (Padahal mah emang males aja hahhaa).


Tempat penginapan di Korea khususnya Seoul itu banyak banget variannya. Mulai dari yang 100rb permalam sampai berjuta-juta permalam adaa, itu semua tergantung selera kamu. Berikut ini akan gue bahas sedikit tentang beberapa hostel di Korea. Semua ini bener-bener ulasan personal ya, jadi kalau ada yang engga sependapat monggo ditulis di kolom komentar.

 1. Slow Citi, Jeju

Bagian depan hostel, cr: Agoda
Kamu harus tau sebelum booking kamar di Jeju, karena sejatinya Jeju itu terbagi dua wilayah; Jeju (kota) dan Seogwipo. Gampangnya Jeju kota itu ya deket bandara sedangkan Seogwipo sekitar 1 sampai 2 jam dari bandara. Kalau kalian mau liat nature mendingan nginep di Seogwipo karena kebanyakan lokasi yang pemandangannya bagus itu disana.

Kenapa gue merekomendasikan Slow Citi, yes gue engga misspelled, emang bener tulisan citi-nya gitu.  Ada beberapa alasan, diantaranya:
  • Ownernya baiqqqq, bossquuu
  • Staffnya juga engga kalah baik. Bahasa Inggrisnya bagusan punya dia daripada gue hahaha
  • Sudah termasuk sarapan. Standard sih macam roti, selai, juice atau susu.
  • Dekat dengan bus stop yang notabennya lu bakalan kemana-mana pake bus.
  • Ada mesin cuci untuk kamu yang butuh pakaian bersih (tapi bayar ya)
  • Gue di-upgrade secara cuma-cuma. Alhamdulillah ๐Ÿ˜‡
Beberapa hal yang engga gue suka dari tempat ini.
  • Jauh dari airport, jadinya harus pintar-pintar spare time buat perjalanan dari airport ke hostel.
  • Suka bikin kesasarrrr. Yang suka nyasaran kek gue dapat dipastikan akan kesasaran paling engga satu kali. Gue selalu kelewatan bus stop deket hostel setiap pergi dari mana puunn. Monangiisss
Alamat: 33 Cheonji-ro (307-3 Seogwi-dong), Seogwipo-si, Seogwipo-si, CJ, Korea Selatan
Harga: mulai dari Rp. 268.202 (harga via booking.com)


  2. Hi Busan Guest House, Busan

cr: Agoda
Hostel yang satu ini lumayan terkenal diantara kalangan traveller, bukan hanya karena murah tapi juga tempatnya yang strategis. Hi Busan Guest House itu ada 2 tempat, jadi jangan sampe salah. Ada satu yang letaknya kek gedung sendiri gitu ada elevatornya, nah ada satu lagi yang jaraknya engga gitu jauh dari hostel pertama tapi yang kedua ini engga gitu keliatan karena hostelnya sendiri mulai dari lantai 2 dan sign petunjuknya itu adanya di bagian atas gitu. Jadi aja gue kesasar dulu.

Kenapa gue merekomendasikan tempat ini? Well, karena beberapa hal di bawah ini.
  • Bisa ganti handuk setiap hari
  • Sudah termasuk sarapan standard. Selai strawberry-nya enyaakkk.
  • Dekat dengan pantai Haeundae. Walkable sangat.
  • Lumayan dekat dengan subway.
  • Seberangan dengan minimarket dan tempat karaoke.
  • Gampang untuk cari makan karena dekat dengan pasar.
  • Tersedia mesin cuci berbayar.
  • Ada rooftop!
Kekurangan yang gue rasakan:
  • Staff kurang ramah
  • Kamar tidur terlalu sempit utuk kamar berisi delapan orang.

Selain kamar tipe dormitory, di hostel ini juga ada kamar tipe private yang bisa dihuni untuk dua orang. Jadi untuk kamu yang butuh privasi bisa juga pilih kamar yang private, tapi semua kamar mandi di luar, alias kamar mandinya sharing.


Alamat: Korea Selatan, Busan, Haeundae-gu, ์šฐ1๋™ 647-1 ์ˆ˜์•”๋นŒ๋”ฉ 3์ธต
Harga mulai dari 193.000 (dorm type, via booking.com) 

3. Namsan Guesthouse, Seoul

cr: Agoda

Buat kalian yang emang niatan untuk belanja banyak selama di Korea, uwwuuu kalian pasti akan tergoda beybii, boleh deh dicoba nginep di Namsan guesthouse. Selain kamar dorm, ada juga private room dengan kamar mandi di dalam untuk 2 orang. Harganya engga terlalu mahal sih kalau dibanding hostel lainnya yang ada di area Myeongdong. So, gue pribadi merekomendasikan hostel ini banget!
  • Daerah Myeongdong
  • Kalo mau belanja kosmetik dan skincare tinggal nyeberang jalan doang
  • Deket dengan mini market
  • Roti, selai, ramen, coffee, tea tersedia 24 jam
  • Staff yang super ramah
  • Ada hanbok gratis. Kalian bisa cobain pakai hanbok tapi hanya untuk dipakai di dalam hostel.
  • Kamar dormitory luas bangeeet
  • Tersedia mesin cuci berbayar.
  • Boleh nitipin barang bahkan setelah check out
Hanya ada satu hal yang engga begitu gue suka tentang hostel ini. Jalan agak menanjak kadang bikin betis kaki lumayan kencang, tapi kalau kalian udah terbiasa olahraga sih engga akan masalah.

Alamat: Namsan Guest House, 45-10, Namsandong 2ga, Junggu, Seoul, Korea  
Harga mulai dari: 220.000 (kamar dorm via Agoda)


4. Uwa Guesthouse, Seoul

bagian depan Uwa GH. cr: Agoda


Hostel kedua yang pernah gue cicipi di Seoul ini benar-benar membekas di hati gue. Harganya yang tergolong murah jadi pertimbangan utama tapi emang semua hal pasti ada plus minusnya. Bergerak ajak menjauh sedikit dari pusat kota Myeongdong, area ini masih masuk ke Hongdae tapi exit-nya bukan menuju area yang ramai. Untuk kamu yang dari dan menuju bandara pilih kereta bandara, menginap di Hongdae bisa jadi pilih yang tepat banget. Kenapa? Karena di Hongdae ini jadi stasiun kereta bandara dan juga stasiun transit.

Yang bikin gue cinta banget sama ini tempat adalah:
  • Owner-nya ramah banget. Sangking baiknya sampe monangiiss
  • Staff-nya juga engga kalah ramah
  • Sudah termasuk sarapan standard
  • Ada meja untuk make up dong ya puunn
  • Boleh pake mesin cuci geratiiss saudara-saudara setanah aiirrr

Minusnya dari tempat ini adalah:

Seperti yang tadi udah gue sebutin di atas, walaupun subway terdekat itu adalah Hongik (Hongdae Univ) tapi nyatanya hostel ini telaknya di Hongdae yang bagian sepi, jadi gue engga pernah tuh ngeliat ada yang tetiba street performance gitu atau banyak toko-toko kek yang temen gue ceritakan.

Alamat:  96 World cup buk-ro 6-gil, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan
Harga mulai dari: Rp 160.000 (kamar dorm via Agoda)


Nah itu tadi rekomendasi hostel yang mantul (mantap betul) di Korea, versi gue pribadi ya, hehee. Buat yang engga bisa banget shopping walau hanya sehari, stay di Myeongdong bisa jadi pilihan yang tepat. Tertarik untuk cobain rumah tradisional Korea? Bisa coba salah satu penginapan di area Anguk. Males ribet dengan dunia per-transitan subway? Coba deh liat-liat penginapan di area Hongdae karena stasiun subway terdekat di Hongdae adalah Hongik Univ, dimana stasiun Hongik Univ ini jadi salah satu titik transit.

Situs yang bisa kamu gunakan untuk memesan penginapan banyak banget bertebaran di internet, ada; booking.com, agoda, traveloka, Airbnb, dan teman-temannya. Kamu juga bisa pilih pembatalan gratis kalau misal suatu saat mau engga jadi nginep di hostel yang udah kamu pesan.

Kalau kamu kira-kira tertarik hostel yang mana? Atau sudah ada hostel favorite? Tulis di komen ya ^^

1 komentar: