Kamis, 25 Oktober 2018

Jeju Island 101


Jeju Island itu ibarat Pulau Bali kalau di Indonesia (tapi masih bagusan Bali sih, #Indonesianpride), the most favorite destination. Semua orang pasti ingin berkunjung ke Jeju kalau traveling ke Korea. Pengen ngerasain the mother nature of Jeju Island yang masuk ke dalam New7Wonders of Nature itu. Terus gimana sih caranya dari Seoul ke Jeju? Penginapan yang rekomended di sana apa ya? Terus keliling pulaunya gimana?

Oke, semuanya akan gue bahas dalam tulisan kali ini. Tulisan ini berdasarkan pengalam pribadi gue ya. Kondisi pejalannya adalah solo traveling dan jomblo.


1. Ke Jeju gimana caranya ya?

Gue berasumsi kalau kalian start perjalanan dari Seoul. Cara termudah untuk ke Jeju adalah melalui jalur udara. Biasanya penerbangan domestik akan take off dari bandara Gimpo. Kalau tujuan utama kalian ke Jeju bukan ada di hari pertama, kalian bisa naik bus atau metro ke stasiun Gimpo. Namun kalau kalian mau ke Jeju setelah banget sampai di Korea, kalian harus ganti bandara dulu.

Caranya adalah naik bus atau A’Rex langsung dari Incheon international airport menuju Gimpo international airport. Hanya dengan 30 menit-an naik kereta A’Rex kalian sudah sampai ke bandara Gimpo. Harga tiketnya sekitar  3.700 won. Ingat ya, kalian harus naik "All stop train" yang akan berhenti di Gimpo, JANGAN naik express train karena kereta itu akan langsung menuju Seoul station. Pun kalian kalau masih bingung bisa tanya ke orang sekitar, engga usah malu-malu yaa.

note this guys!

Tiket pesawat Gimpo - Jeju berkisar 500rban sekali jalan atau bisa lebih murah kalau sedang ada promo. Rajin-rajin aja pantengin web T’way Air, Jin Air atau Jeju Air.

2. Dari Jeju airport ke downtown?

Setelah sampai di Jeju International airport jangan lupa untuk ambil brosur tentang wisata di Jeju sekalian tanya-tanya ke meja informasi kalau kalian bingung. Seperti yang pernah gue ulas sedikit di hotel di Korea, Jeju itu ada 2 bagian wilayah. Jeju kota yang lebih modern dan Seogwipo untuk area yang lebih nature.

Oke, transportasi yang bisa kamu gunakan untuk ke hostel adalah taxi atau pun airport bus. Untuk nomer bus-nya kalian bisa tanya dulu ke hostel masing-masing cara ke hostel yaa. Kalau gue kemarin stay di Slow Citi Hostel area Seongwipo jadinya naik bus nomer 600. Untuk jadwal dan harga airport bus bisa kalian cek disini ya.

Kalau bingung jangan lupa tanya ya, ingat malu bertanya sesat di jalanan sendirian kedinginan dan kelaparan.

gambar hanya pemanis belaka. cr: google


3. Penginapan di Jeju island

Gue udah sempet bahas ini sedikit di hostel korea, namun karena diriku baiq hati maka akan ku bahas ulang. Jeju sebenarnya dibagi jadi dua area:
  • West side : Halim Park, O’sulloc green tea museum, innisfree store yang hitz di Jeju, Hyeopjae beach, Jusangjeollidae
  • East side: U-do island, Seongsan ilchulbong (sunrise peak), Lava tube, Darangshi oreum, folk village museum.
Nah tinggal disesuaikan aja deh kalian mau menginap di west atau east. Sah-sah aja sih kalau kalian nginep di bagian timur terus mainnya ke bagian barat sambil mencari kitab suci. Untuk pemesanan hostel kalian bisa lakukan melalui Agoda, Booking, Traveloka atau pun langsung ke web hostelnya.

Penginapan di Jeju rerata menyediakan paket wisata juga, ada yang group tour jadinya barengan dengan tamu lain atau juga bisa private tour. Itu semua bisa kalian sesuai dengan kondisi perekonomian kalian 😜

4. Transportasi selama di Jeju Island

Untuk berkeliling tempat wisata di Jeju kalian diberikan dua pilihan teman-teman ku sekalian yang berbahagia. Transportasi umum seperti taksi dan bus ataupun mobil pribadi. Kalau kalian traveling lebih dari 2 orang lebih baik sewa mobil saja, entah itu dengan driver atau kalian bawa sendiri karena kalau dibagi-bagi pun engga akan terlalu mahal. Kalau kalian bawa sendiri jangan lupa SIM internasionalnya ya.

Bagi kalian yang lebih memilih act like locals (padahal mah kere), kalian bisa menggunakan bus umum untuk keliling Jeju. Memang akan memakan waktu yang lama.....banget, tapi ya seninya disitu. Melatih kesabaran dan kecakapan beradaptasi dengan penduduk lokal. Aaahhhh bilang aja emang cuma cukup buat naik buusss. HABLAS MUCHO!

Untuk rute bus kalian bisa ambil dibagian informasi airport, terminal bus, tempat penginapan atau pun gampangnya kalian liat saja di google.

Ini bukan Tayo

 Cara naik bus di Jeju agak berbeda dengan naik bus di kota lainnya. Di kota lain kalian tinggal naik -> tab kartu -> duduk -> pencet tombol ketika sudah sampai tujuan -> tap kartu lagi. Nah, kalau di Jeju kalian harus tau halte apa yang mau kalian tujuan, at least, nama tempat yang mau kalian datangi. Urutannya adalah bilang tujuan -> driver akan menunjukkan tarif bus -> tab kartu -> duduk -> pencet tombol ketika sudah sampai tujuan -> tap kartu lagi -> saliman sama driver -> turun bus sambil lambai-lambai tangan ala miss universe.

5. Makanan yang harus diicip di Jeju Island

Gue rasa soal makan balik ke selera masing-masing. Ada yang anaknya gampang makan, dikasih apa aja shikaatt pakekoo. Ada yang udah di Untuk kalian yang non-Muslim, gue rasa gampang-gampang aja cari makanan di Jeju. Kalian jangan sampai engga cobain Black Pork dan Blood Sausage khas Jeju yang katanya mantuulll. Selama di Jeju jujur aja gue engga cobain makanan tradisional sana tapi gue tetep jajan. Ini ya gue kasih spoilernya.

ice cream-nya terlalu cute kakaaakk
Mencari referensi makanan halal di Jeju memang susah-susah gampang. Salah satu blog yang selalu gue baca ada Have Halal, Will Travel. Infonya jelas, lengkap, dan bahasanya juga enak. Mantaps banget deh pokoknya buat dijadiin referensi wisata.

Sekian deh bahas… eit, kok kek ada yang kurang ya?

Tempat wisatanya mana kakak?

Waiya betul! Untuk tempat wisata akan gue bahas di post terpisah ya. Karna kalau kepanjangan takut kalian pusing bacanya.

Semoga corat-coret ala kadar ini bisa membantu kalian semua ya.
Selamat liburan!
Jangan lupa bahagia 😁

1 komentar: