Sabtu, 27 Februari 2016

Thank You, Good Bye Baduy - Part Finale (gaya ;P)

Hari pertama di Baduy ditutup dengan pertanyaan "besok kira-kira pulangnya kuat gak ya?" Iya ini dikarenakan jalur pergi yang gue lalui lumayan bikin kaki minta diamputasi. Buat gue yang olahraganya sekedar doang - sekedar jalan kaki 5 menit, sekedar olahraga jari - tracknya luhmayan banget. Berharap pas kemaren nanjak tetiba ada yang nawarin gendongan punggung gratis. (eh, apa sih -_- )


Minggu, 6 Oktober

Setelah bangun-tidur-bangun-tidur-banguuuunnn-tiduurr lagi buwahahahaaa (*bacanya sambil pake nada dari lagunya mbah Surip). Akhirnya jam 6 pun datang. Langsung cuci muka pake air botol Aqua. Bukan apa-apa tapi karena mager buat ke sungai, dingin banget coooyyy

Oh iya gue juga gak pernah nyangka kalo udara malem di Baduy Dalem bakalan dingin sedingin dinginnya Puncak kalo subuh abis ujan (lebay amat). Eh tapi beneran dingin loh. Yang mau main kesana mending persiapan bawa scarf yang agak tebal atau sarung sekalian.

Pagi-pagi udah dibuatin sarapan sama si Ibu, dengan menu yang masih sama kek kemaren. Makan aja beh langsung lahap, gak usah dipikirin tentang rasanya, yang penting ada tenaga buat jalan turun nanti.

Awalnya kita keidean tuh pengen keliling-keliling desa sekalian liat-liat perkebunan. Kan ceritanya mau tau kehidupan suku Baduy, gaya banget emang. Pas dapet jawaban tentang jarak antara rumah singgah sama perkebunan yang lumayan jauh akhirnya dengan keteguhan dan kemantapan hati, kami pun menjawab, "eh engga usah deh Pak, kita langsung pulang aja." Bisa bawa badan sendiri buat pulang aja udah alhamdulillah, lah ini pake keidean mau liat-liat kebun yang ternyata jauh -_-

Selesai makan langsung deh siap-siap packing buat pulang. Makanan yang sekiranya engga mau dibawa turun bisa dikasih aja buat bapaknya. Macam coklat, permen, sosis nikmat langsung hap, buah apel dkk. Dengan semangat 50, kok 50 sih? bukan 45? iya soalnya engga semangat-semangat amat gegara kaki yang sakit, akhirnya gue dan temen-temen yang lain mulai perjalanan pulang.


Track yang dipilihin sama kang Sayati emang lebih asik dari yang pas berangkat kemaren. Engga ada batu gede atau tanah merah. IYE, YANG ADA TURUNAN NAIKAN BUKIT YANG SEALAIHIM GAMBRENG, Eh maap jadi gak nyantai. Rutenya beda banget yang kek kemaren pas berangkat. Yang ini ada sungai, terus ada kek cottage pribadi gitu terus kita juga masuk ke hutan-hutan gitu. ahhahha berasa lagi di film Petualangan Sherina.

ketemu hiburan pas jalan pulang, nyebur yuk?!
Ada kejadian lucu nih. Kan gue, Dewi, sama Iman itu anaknya agak-agak kompetitif ya. Nah kita tuh engga mau disusul sama tim sebelah yang ternyata pulang dengan rute yang sama. Jadi ceritanya gue bertiga jalan duluan terus istirahat sebentar lah di saung kecil eh pas ngeliat ada beberapa orang dari rombongan lain. spontan kita bertiga langsung jalan cepet kek mau ngambil gaji plus bonus lebaran hahaha. Eh emang dasar disuruh engga boleh sombong kali ye, setelah jalan yang cukup cepet itu entah kenapa di persimpangan jalan eh nongol itu rombongan mereka. Bah! mau engga mau ketemu lagi deh hahaha. Sebenernya mah engga apa-apa sih jalan barengan juga tapi entah kenapa jiwa mengatakan, "guys, kita harus sampe duluan guuyss!!!"

Perjalanan pulang yang semula diprediksi lamanya sekitar 2 jam, bisa kami taklukan dalam waktu 2 jam ............. 60 menit. Hahhaha iya iya 3 jam buat turun ke desa paling luar.

Princess Kiki kehausan hihihi
Masih ada sekitar 2 jam sampe Pipit ngejemput kita di stasiun Rengas. Jadinya gue sama yang lain memutuskan buat istirahat bentar di warung makan sekitar situ. Untungnya lagi sepi jadi boleh deh buat numpang duduk-duduk aja. Iman sama Ryan mandi, iya mereka cowo-cowo tapi lebih rajin mandi daripada kita-kita. Gue sama Dedew shalat. Kiki sama Kak Karin di warung jagain tas kita-kita hahahha

Engga kerasa udah 2 jam dan mobil elf yang ngejemput kita juga udah sampe. So, it's really time to say good bye to Suku Baduy.

Bener-bener pengalaman hidup yang superb capek tapi seru dan bermakna tapi engga bikin pengen kesana lagi. Gimana gue ngerasa harus amat sangat bersyukur di lahirnya di bumi Jakarta, ya walaupun Jakarta gue itu jaaaauuuuuhhhhhhh bangeeettsss tapi seengganya buat ke Indomaret gue tinggal jalan kaki aja. Plus gue ngerasa alhamdulillah banget bisa dapet kesempatan buat bisa ngeliat potret kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan dan rasa syukur itu. Kita harus sadar bahwa disekiling Jakarta yang gemerlap dengan para sosialita-nya itu, masih ada kehidupan yang bahkan bisa terenggut gegara buat ke bidan aja perlu waktu berjam-jam. Tapi bagaimana pun kita harus selalu menghargai segala adat istiadat dari berbagai suku yang ada di Indonesia ini, termasuk suku Baduy. Jadi biarkan saja mereka tetap asli dan bertahan dengan ke-ala kadar-annya mereka. Bukan, bukan karena mereka engga buat maju tapi karena mereka ingin tetap tumbuh dalam adat dari leluhur mereka.

Fuiihhh capeknya nulis yang agak berbobot dikit. Ketahuan deh kapasitas otaknya hahaha.

Ini tulisan sebenernya udah ada dari bulan November tahun kemaren tapi karena gue terlalu busy gogoleoran di kasur jadinya baru di-post sekarang deh hahahha

all photos captured by Dedew

udahan ah, makasih ya. Wassalam.

Take nothing but pictures. Leave nothing but footprints. Kill nothing but time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar