Minggu, 31 Januari 2016

Ngebolang ke Baduy [Part 1 - Daki-daki emesh (tapi bohong)]

Traveling ke tempat-tempat baru memang selalu memberi cerita yang baru. Bahkan setelah baca review sana-sini pun setelah bener-bener pergi ke tempat itu bakalan ngerasain hal yang belum tentu ada di dalam blog.

Suku Baduy, tentu udah engga asing lagi di telinga kamu-kamu pada. Gue aja tau ada suku Baduy gegara baca majalah Bobo pas SD. Terus dibahas di pelajar Geografi pas SMP.

Kok bisa main ke Baduy sih?

BISA DONG! (*gak nyantai)

Awal cerita si Dedew, senior kampus yang baru ketemu di kantor, nge-forward open trip dari travel temennya ke group kantor. Ngeliat ada tulisan Baduy, gue pun ide ngajakin ngebolang kesana. "Eh pengen nyobain main ke Baduy Dalam deh." "Yuk yuk!" kata ketiga temen kantor. Dan jadilah awal Oktober 2015 ngebolang ke Baduy :D


Sabtu, 3 Oktober

Janjian di Stasiun Senen jam 7.30 dan gue baru mulai packing barang pas subuh jam 4.30 pagi selesai jam 6.00 hahaha, rekor!

Ngebut sengebut ngebutnya akhirnya gue naik motor ke Stasiun Senen. Tentu gue yang duduk di belakang. Sampe sana ternyata masih ada satu temen yang belum dateng, fuiihh selamat selamat. *gak jadi diomelin deh hehehe :P


Baduy itu adanya di belahan bumi bernama Rengas. Buat menuju kesana harus naik kereta ekonomi (tapi ada ACnya, aseekk. Macam kereta mau ke Jogja gitu) seharga 15.000 saja. Happy!!! Naik kereta jam 8 pagi sampe di stasiun sekitar jam 10. Lanjut lagi naik elep eh elf , eh gimana sih tulisan yang bener? itu loh mobil tiga perempat yang kek buat jemput sekolah. Pada tau kan ya? (*random ya? emang). Perjalan kurang lebih 1 jam-an. Sampe di Desa Ciboleger jam 11-an. Terus Pipit langsung kenalin gue dan temen-temen ke Kang Dadang sama kakaknya yang bakalan jadi guide kita ke Baduy Dalem. Aduh kang akuh udah engga sabar mau jalan loohhh.

Panaassshhh bangets cyiinn O.o



























Baru sampe banget di Desa Ciboleger langsung disuruh ambil pose sama teteh Dedew hahahha (*padahal mah aslinya gue yang minta difoto haha)

Pipit kasih info kalo perjalan di mulai sekitar jam 1. Jadi masih ada waktu buat makan sama shalat dulu. (Ciee rajin shalat, alhamdulillah). Ada kejadian lucu nih pas beli makan siang di warteg. Jadi ada mas-mas yang ikutan beli makan juga tetiba nanyain dari mana dan mau kemana. Percakapan kurang lebih kek gini.
Mas nya: (kalian) Dari mana?
Dewi: Jakarta, mas dari mana?
Mas: Serpong
Gue: Ngegowes mas dari Serpong? (gegara ngeliat outfitnya).
Mas: Iya. Kalian nginep? Dimana?
Gue + Dewi: Baduy Dalem.
Mas: Wah hebat ya.
Gue sama Dewi yang engga tau apa-apa, yang polos sepolos mie rebus di akhir bulan cuma bisa senyam-senyum awkward doang. Dalam hati bertanya-tanya, "maksud mas nya apa ya bilang hebat?"


Ini penampakan Baduy Luar, seru kan?!
Selesai makan kemudian semua siap-siap buat memulai perjalanan ke Baduy Luar deh. Eh iya sebelum ke Baduy Dalem pasti lewat Baduy Luar dulu. Udah pada tau kan ya? Udah lah, kan pinter-pinter.

Track awal di Baduy Luar enaakk banget. Landai, rata, tanahnya gak lembek, pokoknya enak deh. . Banyak rumah-rumah yang ngejual berbagai souvenir khas Baduy, misal kain tenun, baju orang baduy, gantungan kunci sampai tas. Gue sih kemaren cuma lewat doang engga nanya-nanya jadi gak tau deh harganya berapaan.



Oh iya sebelum mulai mendaki ada baiknya kalian beli amunisi di Indomaret yang ada di Desa Cibogeler, soalnya harga minuman pas di Baduy itu mahal boookkk. Yah walaupun dengan beli-beli itu lu bisa ngebantu perekonomian mereka tapi kan engga ada salahnya juga berhemat buat diri sendiri.
Eh gue masuk frame haha. Itu yang pake udeng putih si Kang Sayati. Belakangnya adeknya ka Sayati. Nah gue yang pake baju putih jalan paling belakang. 

Track Baduy luar awalnya sih engga bikin keringatan tapi dari pertengahan sampe menuju jembatan bambu terakhir menuju Baduy Dalam, beeuuhh tracknya berhasil bikin gue home sick dan jadi anak solehah seketika, nyebut astaghfirullah sepanjang jalan. Panjang. Nanjak. Berbatu. Tanah merah. Debu. Panas. Haus. Lengkap deh pokoknya. Rasanya mau copot kaki aja kalo bisa. Duh ya Allah ngeluh mulu bisanya. Maafin aku ya Allah.

Setelah masuk ke area Baduy Dalem ada peraturan gak boleh pakai segala macam teknologi, mulai dari handphone, camera, recorder, atau satelit. Intinya udah gak boleh lagi tuh selfie-selfie setelah masuk ke daerah Baduy Dalem. Tapi gue sih engga sempet selfie. Engga kayak grup sebelah yang dikit-dikit selfie sama posting di Instagram. Ngambil nafas aja udah susah payah ini pake selfie segala. Ye kali, dikata lagi maen ke Kebon Raya Bogor.

(*nyinyir kan jadinya, maafin ya).

Oh iya yang jadi guidenya itu namanya Kang dadang tapi karena si akang lagi ada urusan jadinya digantiin sama Kang Kayati. Kang Sayati itu bawa anak lelaki dan beberapa saudaranya. Gue kira awalnya mereka cuma mau jalan-jalan aja eh ternyata mereka hadir buat bantuin kita bawain barang, jadi porter gitu,  kalo udah gak kuat bawa beban hidup, eh maksudnya beban bawaan kek tas dan teman-temannya. Mungkin kalo minta digendong juga boleh tapi ngeri gak bakalan balik ke rumah gegara dikawinin disana -_-

Gue sempet chit chat sama beberapa anak Baduy tapi entah mereka malu atau Bahasa Indonesia mereka gak terlalu lancar balesnya. Jadinya pas gue tanyain mereka jawabnya engga jelas dan tuntas gitu. Eh apa yang salah pendengaran gue yak? Kapan-kapan ke THT deh. Orang-orang Suku Baduy kuat-kuat loh. Tercermin dari otot betis mereka yang kenceng dan berbentuk seksi. Keseksian otot betis mereka sebanding sama ototnya Ade(nya) Ray deh.

Setelah singgah dibeberapa rumah suku baduy, setelah beratus kali istirahat dan setelah beribu kali dibohongin masalah jarak sama akangnya, pluuss setelah berjuta kali gue melontarkan pertanyaan, "Kang ini masih jauh?", akhirnya setelah 4 jam jalan kaki dengan medan yang sangat indah kami pun menginjakkan kaki di Baduy Dalam.

Sayangnya karena gak bisa ambil foto jadinya cuma bisa cerita lewat tulisan aja :')

Pertanda kalau udah mau masuk ke perumahan suku Baduy adalah dengan adanya banyak lumbung-lumbung penyimpanan makanan kek buat nyimpen padi, jagung, singkong. Nah kalo udah ketemu itu tinggal jalan beberapa menit lagi maka akan ketemu pemukiman Suku Baduy deh.

Sebelumnya gue ngira di pemukiman Baduy Dalam bakalan bener-bener tak terjamah oleh peradaban luar, eh ternyata pemandangan yang pertama kali ketangkep sama mata gue adalah seorang ibu yang lagi menjajakan barang dagangan yang isinya Aqua botol sama Pop Mie beserta minuman-minuman hangat lainnya macam kopi. Ya engga mungkin juga sih mereka gak pernah makan makanan luar kek kopi atau mie instan, pasti sekali dua kali dalam sebulan pasti makan juga.

Disana kami nginep di rumahnya Kang Sayati. Rumah yang mungil itu dihuni oleh akang bersama istri dan kedua anaknya. Mereka keliatan ramah dan humble banget sama kami. Gue jadi terharu. Rasanya pengen meluk terus bilang "Ambu, aku anak mu yang terpisah selama 24 tahun. Selama ini aku berjuang hidup di Jakarta dan akhirnya aku menemukan kembali keluarga ku tercintah. " Aduh kebanyakan nonton Elif nih gue.
Ini anaknya Kang Sayati (lupa namanya siapa)

Sore sekitar jam 6an, gue sama yang lain siap-siap buat bersih-bersih diri sekedar cuci muka sama ganti baju. Jangan ngarepin ada air terjun plus bilik bambu yang jadi penanda buat tempat pipis, yang ada cuma sungai dengan bebatuan yang difungsiin jadi semacam bilik buat pipis. Katanya sih emang udah lama banget gak turun hujan di Ciboleger ini jadi airnya engga banyak gitu. Gue engga tau deh gimana caranya eeq disana, engga enak buat nanya juga sih. Jadi di sungai yang debit airnya lagi gak banyak itu, penduduk sekitar memanfaatkannya buat berbagai aktifitas mulai dari mandi, cuci baju sampe masak.

Malemnya setelah semua udah di dalem rumah singgah, kita mulai deh menikmati makan malam yang udah disiapin sama istrinya kang Sayati. Menunya ada nasi putih, mie rebus sama ikan sarden kalengan. Semua makanan itu udah disiapin sebelumnya sama Pipit jadi si Ibu tinggal masak aja. Makan malemnya sederhanaa banget tapi jadi bermakna karena makannya ditemenin sama cahaya dari obor. Bikin suasana jadi romantis romantis gimana gitu. Jadi ala ala candle light dinner hahaha.

Selesai makan, kami berlima plus kang Sayati berkunjung ke rumah wakil kepala desa, eh gue lupa sih sebenernya itu kemaren main ke rumah siapa, forgive me ya. Sebenernya sih gue gak ada kepentingan buat ngobrol-ngobrol sama wakil kepala desa tapi gegara agak kepo juga jadinya ikut si Iman sama Ryan aja yang emang ada project buat kerjaan mereka. Di rumah sang bapak itu, kami banyak nanya-nanya plus dapet informasi juga. Gue baru tau kalau wisatawan asing itu dilarang buat berkunjung ke sana, katanya sih udah peraturan dari leluhur. Mereka meyakini kalau kami (orang yang bukan dari Suku Baduy) sama orang dari suku Baduy itu berbeda asal usulnya. Kata mereka kita-kita ini anak Nabi Muhammad nah kalau mereka itu anak Nabi Adam. Gue agak-agak bingung gimana gitu sih ya. Mau nanya lebih lanjut tapi ngeri diusir malem-malem dari desa. Entar kalo gue disuruh pulang sendiri di tengah malem terus salah belok terus kesasar di hutan terus ketemu sama singa atau macan terus gue lari tapi itu singa masih ngejar aja gimana dong? Kan capek lari-lari terus. Apalagi lari dari kenyataan hidup, ihik!

Selesai pamitan karena udah malem dan udah buntu juga mau nanya apa, akhirnya kita balik lagi ke rumah kang Sayati. Dan lu tau, gue malem itu ngeliat ciptaan Tuhan yang super indah. Baru kali itu gue ngeliat bintang-bintang di langit jelas sejelasnya walau pun gue lagi gak pake kacamata. Sumpah deh indaaaaahhhhh bangeeetttttt. Sayangnya karena engga bisa moto jadi cuma bisa terekam di memori gue aja. Subhanallah banget deh indahnya. *nulis sambil berlinang air mata.

Sampai di rumah, kita semua siap-siap buat tidur. Udah pada mulai mempersiapkan lapaknya masing-masing. Emang dasar pada manusia kalong kali ya? Bukannya pada tidur eh malah main UNO. Iye, kami main UNO diterangi senter yang emang udah bawa dari rumah masing-masing. Untung aja gak salah ngambil kartu, bukannya ngambil kartu uno malah ngambil kartu kehidupan temen. (*eh nulis apa sih lu? -_-)

Seru juga main UNO malem-malem hahahhaa, dan hukuman bagi yang kalah harus dicoreng mukanya pake bedak tabur. Gue lupa tuh kemaren pake bedak tabur siapa. Yang pasti itu kemaren pada brutal banget ngebedakin gue cooyy. Kiki, Dewi, Iman, Ryan pada bales dendam sama gue karena udah berapa kali ronde gue tetep selamet dari yang namanya hukuman. Secara gue dari TK udah main UNO, ya jelas jago lah. Hahahahaa.. shomboong kamu shombooongg!

Karena udah berhasil bales dendam sama gue, mereka pada curang, bilangnya udah pada ngantuk jadi mau tidur aja, wooooooo reseh wooo. Kembali bukannya tidur gue malah curhat sama Dewi yang tidur sebelah gue. Gue bilang "besok pulangnya gimana ya Dew? Minta cariin rute yang lebih singkat yuk. Udah gak kuat gue kalo pulang pake rute kek berangkat tadi". Jujur malem itu gue tidur dibayangi oleh pertanyaan, besok gimana pulangnya ya?


*bersambung ke Ngebolang ke Baduy part 2



all picture taken by Dewi

inget ya,

Take nothing but picturesLeave nothing but footprints. Kill nothing but time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar