Rabu, 23 Agustus 2017

Kartu-Kartu Sakti Yang Bikin Trip Jepang Kamu Makin Asyik



Paspor udah punya, tiket pesawat udah beli, hotel udah pesan, visa juga udah aman. Nah sekarang saatnya mikirin transportasi lokal yang bisa bikin liburan kamu semakin sempurna.


Jepang emang engga akan pernah bisa habis dibahas. Mulai dari budaya modern yang berpadu dengan kearifan lokal yang masih bertahan, makanan enak, anime, hingga transportasi kelas dewa. Untuk meningkat pariwisata Jepang, pemerintah setempat pun udah mikirin, “gimana cara ini turis-turis betah di Jepang”, hingga hadirlah berbagai tiket terusan transportasi a.k.a pass yang bisa kamu pilih.

Demi menghindari data yang tidak valid serta kesotoyan maka gue hanya akan membahas beberapa pass yang memang pernah gue gunakan sebelumnya. Langsung aja yuk cek pass apa aja sih yang bisa bikin liburan Jepang kamu lebih mudah.

JR Pass

Kartu sakti yang pertama tentu saja Japan Railway Pass as known as JR Pass. Kartu terusan yang dikeluarkan oleh JR company ini terdiri dari dua tipe; ordinary card dan green card. Untuk durasi kartu terusan pun ada 3 tipe; pass untuk 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.

Trip terakhir kemarin alhamdulillah dapat kesempatan untuk nyicipin JR Pass ini, engga usah yang lama-lama, cukup 7 hari ordinary card. Saat itu gue beli dengan harga Rp 3.2 jt di pameran Japan Travel Fair di Kokas. Lumayan dapat harga miring karena sedang pameran. Harga JR Pass di satu travel agent bisa beda hingga 300rb dibanding travel agent lainnya, jadi rajin-rajin buat check stand travel agent ya.

Saat beli nanti kamu akan ditanya nama sesuai passport dan akan diberikan semacam voucher untuk nantinya di-redeem dengan JR Pass Card setibanya di Jepang. Ngebahas JR Pass bakalan panjang x lebar banget deh, beneran. Jadi sepertinya nanti bakalan ada ulasan khusus tentang JR Pass ini ya.

Fuji Hakone Pass


Gunung Fuji adalah Jepang. Jepang adalah Gunung Fuji. Bagi sebagai orang (atau mungkin mayoritas) engga akan afdhol rasanya kalo ke Jepang tapi engga ke gunung yang iconic itu. Wait, Fuji Hakone Pass dengan Hakone Pass itu sama atau engga sih? Well, kalau Hakone Pass itu hanya mengcover area Hakone saja sedangkan Fuji Hakone Pass itu selain dapat mengcover area Hakone namun juga mencakup wilayah Fujikawaguchiko. FYI, Gunung Fuji itu terletak di area Kawaguchiko.

Jujur, sebelum trip yang kemarin gue engga tau sama sekali mengenai daerah namanya Hakone. Gegara ngebaca ulasan seorang traveller di salah satu komunitas backpacker jadilah gue terhasut buat kesana juga. Kalau Gunung Fuji nya sendiri sih udah tau lama berkat Doraemon dan Nobita. Terima kasih minna ^^
Fuji Hakone Pass ini bisa kalian beli langsung di Jepang. Berikut detailnya ya.
Harga: 8000 yen
Bisa dibeli di: Shinjuku Station, letaknya ada di Odakyu Service Center.
Klik link ini ya untuk jelasnya.

Kartu terusan ini berlaku untuk pemakaian 3 hari secara berurutan. Jadi emang bener-bener buat kamu yang pengen mengexplore daerah Fuji dan Hakone dalam sekali jalan. Gue rasa Fuji Hakone Pass ini jadi jadi alternatif yang cerdas buat kalian yang engga punya JR Pass tapi mau ke dua area di atas itu. Ngebahas kartu terusan satu ini menyenangkan banget loh, nanti deh kapan-kapan dibahas lengkap ya. #janjimanis

Osaka Amazing Pass


Siapa sih engga kenal dengan Osaka Amazing Pass (OAP)? Yap, pasti kalian yang udah pernah ngebolang ke Osaka atau lagi cari informasi terkait transportasi Osaka bakalan pernah denger kartu terusan yang satu ini.


OAP ini sendiri ada 2 tipe; OAP 1-day dan OAP 2-days.
Harganya 2.500 yen untuk OAP 1-day serta 3.300 yen untuk pass yang 2 hari.
Bisa dibeli di stasiun subway dan juga pusat informasi turis di Osaka.

Keuntungan yang bakalan kamu dapatkan dari menggunakan pass ini selain bisa naik kereta private company (engga termasuk JR train) kamu juga bisa masuk ke berbagai tempat wisata menarik yang ada di Osaka, ada yang gratis ada juga yang dapet diskon.

Untuk kamu yang ingin mengexplore Osaka sampai kedalam-dalamnya, OAP ini bisa jadi pilihan yang tepat banget. Lebih jelasnya kamu bisa baca di laman resminya di sini ya.

Tokunai Pass

Gue nemuin pass ini tuh saat lagi cari-cari “ada gak sih pass buat JR tapi yang cuma 1 hari doang?” dan ternyata ada guyyyzzz.


Tokyo Metro pass atau Tokunai Pass merupakan tiket terusan satu hari khusus digunakan untuk JR train jalur Metro Tokyo. Kartu terusan ini bisa kalian beli di semua stasiun kereat JR. Cara belinya adalah tinggal ke mesin otomatis pembelian tiket dan pilih Tokunai Pass. Semacam vending machine gitu deh. Harganya hanya 750 yen dan kalian bisa pakai dari jam 00.01 sampai jam 23.59 di hari yang sama. Lengkapnya klik ini ya.

Cara menggunakannya tuh bukannya di tap kek mau naik KRL atau TranJak ya tapi dimasukkan ke dalam mesinnya terus nanti otomatis itu kartu bakalan keluar lagi setelah kita keluar. Tokunai pass ini cocok banget buat kamu yang ingin mengexplore area tourist yang ada di Tokyo seperti Akihabara, Shinjuku, Shibuya.


Tokunai coverage

Kyoto City Bus & Kyoto Bus One-day Pass

Untuk mengexplore area Kyoto gue rasa alternatif yang paling tepat itu dengan menggunakan bus umum. Area tourist seperti Arashiyama Bamboo grove dan Gion pun bisa banget dilewatin pakai bus. Bus disana itu udah jelas banget rutenya jadi kecil kemungkinan buat nyasar. Untuk memudahkan dalam ngebolang, biar engga pusing-pusing lagi mikirin berapa yen yang harus dibayar, ada baiknya beli Kyoto Buss Pass. Harganya cuma 500 yen untuk pemakaian satu hari penuh dan bisa dibeli di convenient store macam 7-11 yang menjamur dimana-mana. 

Cara menggunakannya adalah untuk pemakaian pertama kalian itu harus masukin itu kartu di mesin deket supirnya nah nanti akan tercetak tanggal kalian pakaian itu kartu pertama kali. Setelah kalian kedua kalinya pakai itu kartu, kalian tinggal tunjukin aja itu kartu ke bapak supir.

Setibanya di Kyoto, jangan lupa untuk ambil brosur informasi rute bus dan peta turis ya, biar tidak kesasar. Eh tapi kesasar itu asik kok, he he he.


Sekian info yang bisa dibagikan kali ini. Jika ada keinginan untuk menulis, pasti saya akan cerita lagi kok. Tenang.
.peace.love.and gaul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar